Don’t Sweat the small stuff

Jumat, 21 Mei 2010
Dalam menjalani kehidupan ini, banyak hal yang kita hadapi, baik yang sesuai dengan keinginan kita ataupun yang tidak sesuai dengan yang kita inginkan.
Setiap kali berhadapan dengan sesuatu hal yang tidak sesuai dengan keinginan kita, dalam artian kabar buruk, orang-orang yang menyebalkan atau sesuatu yang mengecewakan, banyak diantara kita yang terjebak. Kita bereaksi berlebihan, meledak-ledak diluar control kita, dan memandang hidup kita dari sisi negatif… bahkan tak jarang kita menganggap Sang Mahakuasa tidak sayang pada kita.

Hal itu menyebabkan kita kehilangan wawasan yang lebih besar, terperangkap dalam pandangan negatif, dan selalu mengabaikan orang lain yang ingin membantu kita. Kita seolah2 sibuk dengan diri kita, sibuk dengan memecahkan masalah-masalah yang kita anggap masalah itu adalah masalah yang sangat besar dan akhir dari hidup kita sehingga akhirnya kita menghabiskan hidup kita dari satu drama ke drama lainnya. Dan kemudian kita jadi terbiasa dengan situasi tersebut.



Termasuk saya, saya juga mengalami hal tersebut. Teringat kata Richard Carlson “Don’t Sweat the Small Stuff”.. mungkin kata2 itu bisa membantu kita sedikit mengubah cara pandang kita tentang masalah.. tnyata ada cara lain dalam menyelesaikan masalah, cara yang lebih lembut dan lebih anggun, yang membuat hidup kita lebih mudah dan orang-orang yang menjalaninya merasa lebih nyaman.

Saya pun masih belajar menerapkan kata2 tersebut. Terima kasih untuk Richard Carlson, walaupun beliau sudah tiada, tapi kata2nya itu selalu teringat dan terngiang dalam benak saya.

Mulai saat ini kita harus berusaha untuk menanamkan dalam pikiran kita untuk :
• Don’t Sweat the small stuff (Jangan memusingkan hal-hal kecil)
• It’s all small stuff (Semua masalah dalam hidup ini cumin masalah kecil)
Dengan tidak memusingkan hal-hal kecil, memang hidup kita tidak otomatis menjadi sempurna, tapi kita akan belajar menerima apa yang disediakan oleh kehidupan ini dengan hambatan yang sesedikit mungkin.
Bila kata-kata diatas kita tanamkan dalah kehidupan kita kita akan mulai menciptakan diri kita yang lebih damai dan penuh kasi sayang.. amin..

Janganlah memusingkan hal-hal kecil.

Suatu pagi, ketika anda pergi kekantor mengendarai mobil. Tiba2 ada yang menyalip kendaraan anda…kira-kira apa yang anda lakukan. saya tebak, anda akan marah, bahkan mungkin berteriak kepada si penyalip tersebut. kita berusaha meyakinkan diri kita bahwa kita berhak marah. bahkan tak jarang sesampainya di kantor kita menceritakan kejadian ini kepada teman sekantor kita.

Mengapa tidak kita biarkan saja dan melanjutkan urusan kita. Banyak hal-hal kecil serupa yang terjadi setiap hari dalam hidup kita, harus menunggu antrian, mendengarkan kritik pedas, tugas kantor yang menumpuk.. itu semua akan membebani kehidupan kita jika kita tidak mulai belajar untuk tidak memusingkan hal-hal kecil. Memusingkan hal-hal kecil akan menghabiskan energi kita dan menghilangkan kesempatan kita untuk mencapai keindahan dalam hidup kita.

Jika kita berniat untuk mencapai tujuan tersebut, kita akan temukan bahwa energi kita akan jauh lebih bermanfaat bila digunakan untuk menjadi orang lebih baik hati dan lebih lemah lembut.

Berdamailah dengan ketidaksempurnaan.

0 comments:

Posting Komentar